Pengertian dan Macam Adil Menurut Islam

Pengertian dan Macam Adil Menurut Islam

Menurut bahasa adil mempunyai arti meletakkan sesuatu pada tempatnya atau dapat diartikan tidak berat sebelah, tidak memihak dengan kata lain berlaku adil adalah memperlakukan hak dan berpegang pada kebenaran. Berlaku adil merupakan kewajiban dalam Islam secara mutlak diperintahkan tanpa bisa ditawar-tawar lagi. Keadilan merupakan dasar dalam berinteraksi dengan Allah SWT. dengan orang lain dan diri sendiri.

1. Dalil tentang Adil

Dalam Al-Qur'an Allah SWT. menyuruh kepada umat Islam berlaku adil. Hal itu disebutkan dalam QS. an-Nahl: 90.

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ


Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.(QS. an-Nahl: 90.)

Adil itu sifat mulia dan sikap yang lurus serta tidak terpengaruh oleh faktor keluarga, hubungan kasih sayang, karib kerabat, golongan, dan sebagainya. Sebagai pemimpin dan hakim hendaknya berlaku adil sesuai dengan sabda Nabi Muhammad saw. yang artinya: Dari Abdullah bin Auf, bersabda Rasulullah saw, "Sesungguhnya Allah beserta para hakim selama hakim itu tidak curang. Apabila ia telah curang, Allah pun menjauh dari hakim itu dan mulailah setan menjadi teman yang erat bagi hakim itu." (HR- Tirmizi)

2. Macam-Macam Perilaku Adil

Berlaku adil dapat diklasifikasikan kepada empat bagian, yaitu sebagai berikut. 

a. Berlaku adil kepada Allah SWT., yaitu menjadikan Allah SWT. sebagai satu-satunya Tuhan yang memiliki kesempurnaan.

b. Berlaku adil pada diri sendiri, yaitu menempatkan diri pribadi pada tempat yang baik dan benar.

c. Berlaku adil kepada orang lain, yaitu menempatkan orang lain pada tempat yang sesuai, layak, benar, memberikan hak orang lain dengan jujur dan benar serta tidak menyakiti serta merugikan orang lain.

d. Berlaku adil kepada makhluk lain, yaitu dapat memperlakukan makhluk Allah SWT. yang lain dengan layak sesuai syariat dan menjaga kelestariannya dengan merawat serta tidak merusaknya.

3. Menunjukkan Sikap Adil 

Cara menunjukkan sikap adil kepada orang lain dapat dilakukan dengan hal-hal berikut.

a.    Memberikan rasa amah kepada orang lain dengan. sikap ramah, sopan, dan santun.
b.    Menjadi teladan dap menciptakan suasana yang kondusif, tenteram serta xukun.
c.    Tidak sombong atau angkuh bila bergaul dengan masyarakat berbagai lapisan. 
d.    Selalu berbuat kebajikan atau kebaikan terhadap sesama, khususnya fakir miskin. 
e.    Tidak pilih kasih bila berkawan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top