Kelompok Tingkatan Keanekaragaman Hayati dan Contohnya

Kelompok Tingkatan Keanekaragaman Hayati dan Contohnya

Keanekaragaman hayati atau biodiversitas adalah keanekaragaman makhluk hidup yang menunjukkan keseluruhan atau totalitas variasi gen, jenis, dan ekosistem pada suatu lingkungan.

Keanekaragaman dikelompokan menjadi tiga tingkatan, yaitu keanekaragaman tingkat gen, keanekaragaman tingkat jenis, dan kenekaragaman tingkat ekosistem.

1. Keanekaragaman Tingkat Gen

Keanekaragaman tingkat gen adalah adalah keanekaragaman yang terjadi antara individu yang satu dengan individu lain dalam satu jenis atau spesies. Keanekaragaman tingkat jenis terjadi karena adanya variasi strsunan gen (DNA) pada masing-masing individu. Contoh variasi spesies ayam, antara lain ayam kampung, ayam hutan, ayam ras, ayam arab, dan ayam bangkok.

2.    Keanekaragaman Tingkat Jenis

Keanekaragaman tingkat jenis adalah keanekaragaman individu yang berbeda jenis atau spesiesnya. Contohnya keanekaragaman famili felixdae (kucing), yang terdiri dari kucing, harimau, singa, dan cheeta.

3.    Keanekaragman Tingkat Ekosistem

Kenekaragaman tingkat ekosistem adalah beragamnya bentuk, penampakan, dan sifat lainya berinteraksi dengan lingkungan abiotik dan dengan jenis-jenis makhluk hidup lainnya yang membentuk berbagai macam ekosistem. Contohnya ekosistem pantai, ekosistem mangrove, ekosistem hutan basah, dan ekosistem padang rumput.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top