Reproduksi Virus atau Perkembangbiakan Virus

Reproduksi Virus atau Perkembangbiakan Virus

Reproduksi atau perkembangbiakan virus dibedakan menjadi 2 macam daur hidup virus, yaitu daur litik dan daur lisogenik.

1. Daur Litik
Daur litik terdiri dari beberapa tahapan atau fase yang tercantum sebagai berikut.

a. Fase adsorpsi (fase penempelan), menempelnya virus pada sel inang.
b. Fase injeksi (memasukkan asam inti), setelah terbentuk lubang pada sel dengan mengeluarkan enzim lisoenzim (enzim penghancur), virus memasukkan asam nukleat (DNA atau RNA) ke dalam tubuh sel.
c. Fase sintesis (pembentukan) atau eklifase, DNA atau RNA virus akan memengaruhi DNA sel bakteri untuk mereplikasi bagian-bagian virus, sehingga terbentuklah bagian-bagian virus.
d. Fase asemblin (perakitan), dari bagian-bagian virus yang telah terbentuk akan dirakit menjadi virus sempurna.
e. Fase litik (pemecahan sel inang), virus akan menghancurkan dinding sel inang dan keluar virus-virus baru yang siap mencari sel inang baru.

2. Daur Lisogenik

Daur lisogenik terdiri dari beberapa tahapan atau fase yang tercantum sebagai berikut.

a. Fase adsorpsi (fase penempelan), menempelnya virus pada sel inang.
b. Fase injeksi (memasukkan asam inti), setelah terbentuk lubang pada sel dengan mengeluarkan enzim lisoenzim (enzim penghancur), virus memasukkan asam nukleat (DNA atau RNA) ke dalam tubuh sel
c. Fase penggabungan, DNA virus memutus DNA si inang, kemudian DNA virus menyisip di antara DNA sel inang yang terputus tersebut.
d. Fase pembelahan, virus tidak aktif setelah menyisipkan DNA disebut profag. DNA sel inang yang telah tersisipi DNA virus akan mereplikasi untuk melakukan pembelahan sel.
e. Fase sintesis (pembentukan) atau eklifase, setelah pembelahan sel selesai DNA virus melakukan sintesis untuk membentuk bagian-bagian virus.
f. Fase perakitan, dari bagian-bagian virus yang telah terbentuk akan dirakit menjadi virus sempurna.
g. Fase litik, setelah virus barn yang terbentuk sel inang lisis dan virus akan keluar dari sel inang. Virus yang keluar dari sel inang akan mencari inang baru.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top