Pengertian Ribosom

Pengertian Ribosom

Ribosom berbentuk butiran kecil dengan diameter sekitar 20 - 22 nm. Pada sel-sel tertentu dengan laju sintesis protein yang tinggi (misalnya, sel hati), akan memiliki jumlah ribosom yang sangai banyak hingga mencapai jutaan ribosom.

Ribosom dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

•    Ribosom bebas, tersuspensi di dalam sitosol. Ribosom bebas menyintesis protein yang akan berfungsi di dalam sitosol, seperd enzim metabolisme.

•    Ribosom terikat, menempel pada retikulum endoplasms (RE). Ribosom terikat menyintesis protein yang akan dimasukkan ke dalam membran RE, sekresi protein, serta pembungku&an pada organei tertentu seperti lisosom.

Sintesis protein adalah proses pencctakan protein di dalam sel. Protein merupakan icnyawa yang tersusun dari polimer-polimer yang dihubungkan dengan ikatan pcptida. Sllat protein sebagai pcngendaii dan zat pcmbangun makhluk hidup, ditencukan tdeh jumlah, jenis, dan urutan asam amino yang menyusunnya Jenis dan urutan asam amino ditentukan oleh DNA (deoxyribonucleic acid), Simon protein bertujuan untuk pembcntukan sifat strukiural, fungsional, serta reproduksi dalam proses pertumbuhan dan pcrkembangan sel. Di dalam tubuh, sintesis protein bcrmanfaai untuk menghasiJfeMl hormon, enzim, antibodi, somber energi, serta pembcntukan dan perbaikan sel-sel atau jaringan tubuh.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top