Pengertian dan Jenis Retikulum endoplasma (RE)

Pengertian dan Jenis Retikulum endoplasma (RE)

Retikulum endoplasma (RE) merupakan membran berbentuk labirin yang berhubungan dengan seiubung inti sel. Retikulum endoplasma melipuci lebih dari separuh total membran di dalam sel. Retikulum endoplasma tersusun dari jaring-jaring tubula dan gelembung membran sisterna (Latin, cistema = kotak). Retikulum endoplasma dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

a. Retikulum endoplasma halus (tidak bergranula), jika permukaannya tidak ditempeli oleh ribosom. RE halus berperan dalam proses sintesis lipid (fosfolipid dan sterol), metabolisme karbohidrat, dan menetralisir racun. Di dalam sel ovarium, testis, hati, dan otot, banyak mengandung RE halus.

b. Retikulum endoplasma kasar (bergranula), jika permukaannya ditempeli oleh ribosom. RE kasar berperan membentuk fosfolipid membrannya sendiri dan sintesis protein sekretori (misalnya glikoprotein dan hormon insulin di dalam sel pankreas). Protein sekretori yang keluar dari RE, dibungkus oleh membran vesikula. Vesikula tersebut kemudian berpindah ke bagian sel lainnya (misalnya badan Golgi), dan disebut vesikula transpor.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top